Animasi Macromedia Flash 8 - Shape Tween

           Shape Tween berfungsi untuk mengubah suatu objek ke bentuk objek yang lain. Objek yang akan menggunakan shape tween jangan diubah ke simbol grafik, tetapi harus menggunakan bentuk aslinya. Jika diubah menjadi simbol grafik, maka objeknya tidak dapat berubah bentuk. Frame yang dibutuhkan untuk membuat teknik ini minimal 2. 

Berikut ini langkah-langkah untuk menerapkan teknik shape tween :

  1. Buatlah suatu objek pada frame 1 (misal : persegi), seperti pada Gambar 1 berikut ini :
    Shape Tween
    Gambar 1 : Objek Persegi pada Frame 1
  2. Tambahkan keyframe baru / blank keyframe pada salah satu frame yang lain (misal : Frame 25), dengan cara : Klik kanan pada frame 25 --> Pilih Insert Blank Keyframe.
    Shape Tween
    Gambar 2 : Menambahkan Keyframe Baru

  3. Buatlah bentuk objek yang lain pada frame 25, dengan cara : klik frame 25 (pastikan sudah berada pada frame yang benar), kemudian gambar objek di stage (misal : lingkaran), seperti pada Gambar 3 berikut ini :
    Shape Tween
    Gambar 3 : Objek Lingkaran pada Frame 25

  4. Gunakan fasilitas Shape Tween, dengan cara : blok frame 1 sampai frame 25, kemudian klik tab Properties --> Pilih Shape Tween.
    Shape Tween
    Gambar 4 : Menggunakan Fasilitas Shape Tween

  5. Jalankan animasinya, dengan cara tekan Ctrl + Enter, atau klik Control pada menu bar --> Test Movie.
    Shape Tween
    Gambar 5 : Menjalankan Animasi
  6. Berikut ini hasil dari animasi tersebut dalam bentuk file .swf :

    Hasil Animasi - Shape Tween (.swf)

         Selamat mencoba :) :) :)

Comments