Animasi Macromedia Flash 8 - Rotasi

ROTASI 
Teknik yang digunakan untuk membuat objek berotasi ada 2, yaitu teknik motion tween yang digunakan untuk berpindah posisi, dan teknik scale and rotate yang digunakan unuk mengatur skala dan rotasi objek. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat animasi berputar/rotasi : 

Membuat objek. Gambarlah suatu objek apa saja, yang nantinya dapat terlihat berputar/rotasi jika animasi dijalankan. Kali ini saya akan beri contoh objek roda seperti pada gambar berikut ini :
  Rotasi - Macromedia Flash 8
Teknik motion tween. Sebelum menerapkan teknik ini, kita perlu mengubah objek tersebut menjadi simbol grafik, dengan cara : blok objeknya => klik kanan => Convert to Symbol
Rotasi - Macromedia Flash 8



Perhatikan ketika melakukan blok/seleksi pada objek, pastikan bahwa semua atribut yang menempel pada objek tersebut tidak ada yang tertinggal. Misalnya, pada objek roda tersebut, garis dan lingkaran kecil yang menempel juga harus diblok, agar tidak ada bagian yang hilang saat objek berubah jadi symbol.

Selanjutnya, jendela menu seperti pada Gambar di bawah ini akan tampil. Pada bagian Name dapat diisi dengan apa saja => kemudian kita pilih Graphic pada bagian Type, untuk titik registration nya tidak perlu diubah/dipilih => selanjutnya pilih OK.
Rotasi - Macromedia Flash 8

Berhubung saya akan membuat animasi roda yang sedang berputar dan berpindah tempat, maka harus menambahkan keyframe baru untuk posisi akhir roda. Klik kanan pada salah satu frame => pilih Insert Keyframe, seperti pada Gambar berikut ini :
                  Rotasi - Macromedia Flash 8 

Pada keyframe yang baru, pindahkan posisi roda ke mana saja, misalnya ke sebelah kanan, klik dan tahan objek roda tersebut => geser ke arah kanan dan lepaskan.


Rotasi - Macromedia Flash 8

Selanjutnya, blok frame 1 sampai frame 25 (keyframe terakhir) => pilih Motion Tween pada properties.
Rotasi - Macromedia Flash 8 
Gunakan fungsi Scale and Rotate. Kali ini kita memerlukan fungsi ini untuk merotasikan objek dan mengubah skalanya (jika diperlukan). Klik Modify pada menu bar => Transform => Scale and Rotate .
Rotasi - Macromedia Flash 8  

Kemudian akan muncul menu di bawah ini. Scale berfungsi untuk mengatur ukuran objek, jika scale nya bernilai 100% maka ukuran objeknya dari frame awal hingga akhir akan tetap, jika di bawah 100% maka dari frame awal ke akhir objeknya akan mengecil dan sebaliknya. Rotate berfungsi untuk mengatur derajat dari rotasi, jika 360 derajat tidak ada perubahan yang terjadi. Biasanya yang lebih enak dilihat adalah 180 derajat. Kemudian klik OK.
Rotasi - Macromedia Flash 8 

Jalankan animasinya, tekan CTRL + ENTER.


 

Comments

Post a Comment